"DENGAN ILMU KITA BICARA, DENGAN TEKNOLOGI BANTU KITA UNGKAPKAN FAKTA"

Selasa, 08 September 2015

NGOBROL SANTAI MENGGUNAKAN CMD (COMMAND PROMPT)

NGOBROL DALAM SATU JARINGAN DENGAN CMD


Command Prompt atau yang disingkat dengan CMD yang berfungsi memberikan perintah ke PC/NOTEBOOK agar dijalankan oleh program. Command Prompt juga dikenal dengan istilah lain dengan sebutan DOS atau BATCH dengan file ekstensinya .BAT atau .CMD. sebenarnya banyak hal yang dilakukan dengan menggunakan CMD ini namun masih sedikit dari netizen yang benar-benar tahu dan menggunakan fungsinya dengan baik. Untuk dapat mengakses CMD atau COMMAND PROMPT ini cukup dnegan mengklik tombol STAR >>terus RUN disamping kanan jendela star. atau bisa juga dengan cara klik START>>All Program/ Menu>>Accesories>>Command Prompt. atau juga dapat dengan menekan tombol CTRl + R pada Keyboard >> Enter, lalu pada Boxnya ketik CMD, maka otomatis layar Command Prompt akan di Aktifkan.

Atau Bisa ikuti petunjuk Gambar :

1. Klik START >> RUN >> CMD


 Atau Bisa dengan Klik :



terus pada layar Command Prompt sebelah kanan Ketik pesan yang ingin kamu kirim. tapi, jika kamu masih menggunakan windows XP maka ketikkan perintahnya gini : Net Send (No IP Komputer laen) lalu pesan kita. Contoh : Net Send 10.138.210.12 hai, apa kabar?? dan jika kamu adalah pengguna Windows 7 atau Windows 8 maka silahkan ketik ; MSG (IP Komputer Laen/ Nama Komputer laen) pesan. Contohnya : MSG 10.138.210.12 hai apa kabar?? 

Terus gimana klo RUN dan CMD gak ketemu di Start Menu. kamu bisa mengikuti tutorial ini dan sangat gampang. kamu tinggal buka Notepad dan pastikan kode ini kedalamnya :

@echo off
:A cls
Echo MESSENGER
Set /p n=User:
Set /p m=Message: net send %n%%m% Pause
Goto A

Terus Save As file dengan nama Messenger.bat. setelah selesai, klik aja file yang kamu udah buat tadi, disitu kamu tinggal ngisikan IP Address dan Pesan yang ingin kamu kirim. gampang kan, chattingnya lebih privasi lho...

Penulis : Evid Arfan.S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar