"DENGAN ILMU KITA BICARA, DENGAN TEKNOLOGI BANTU KITA UNGKAPKAN FAKTA"

Rabu, 28 Oktober 2015

GADIS CANTIK PENJUAL PASSWORD

BERJUALAN PASSWORD, GADIS INI MENDAPAT 163 RIBU RUPIAH PERJAM

Mira Modi, gadis penjual kata sandi. | Jejamo.com
Mira Modi, gadis 11 tahun asal New York, AS mampu menciptakan peluang bisnis sendiri hanya dengan menjual kata sandi (password). Ia menawarkan jasa pembuatan password dengan jaminan keamanan yang mumpuni. Caranya, ia membuat sendiri password panjang yang biasanya terdiri dari 20-40 karakter. Mekanisme ini biasa disebut “diceware”.
Mekanisme tersebut memanfaatkan enam sisi dadu yang dilempar sehingga menghasilkan lima angka secara acak. Kelima angka lantas dicocokkan dalam daftar berisi dari 7000 kata pendek dalam bahasa inggris. Misalnya “21124” berarti kata “clip”. Enam kata yang dihasilkan lalu digabung sehingga menjadi kesatuan password. Bunyinya bisa sangat acak dan tidak nyambung, seperti “ample banal bias delta gist latex”.
Password  panjang ini pun sulit ditebak oleh orang yang tak berhak, tetapi gampang diingat oleh sang pemilik. “Konsep ini pada dasarnya membuat password yang super-aman. Saya rasa teman-teman saya tak mengerti. Namun, menurut saya ini keren,” kata Modi. sebagaimana dilaporkan Arstechnica dan dihimpunKompasTekno.
Dari usaha ini, Modi mampu meraup penghasilan sekitar 12 dollar AS perjam atau sekitar Rp163 ribu. Angka itu lebih tinggi dibandingkan standar upah minimum 8,75 dollar AS atau setara Rp 119.000-an per jam di New York, AS, tempat dia tinggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar