"DENGAN ILMU KITA BICARA, DENGAN TEKNOLOGI BANTU KITA UNGKAPKAN FAKTA"

Selasa, 24 Maret 2015

BELAJAR SHOLAT DARI ROBOT BILAL BIN RABAH

Belajar Salat dari Robot `Bilal`

Reporter : Eko | Senin, 23 Maret 2015 18:32
Belajar Salat dari Robot Bilal
Robot cerdas yang diberi nama `Bilal` ini bisa mengajarkan gerakan salat dan kata-katadalam bahasa Inggris dan Arab kepada anak-anak.

Dream - Kesibukan orangtua muslim dan kecanggihan teknologi menjadi ilham pengembangan robot humanoid untuk pendidikan Islam. Robot cerdas yang diberi nama "Bilal" ini bisa mengajarkan gerakan salat dan kata-kata dalam bahasa Inggris dan Arab kepada anak-anak.
“Perhatian terbesar orangtua muslim di seluruh dunia adalah memberikan pendidikan, latihan, dan antusiasme agama yang cukup, untuk anak-anak mereka,” demikian dikutip Dream daribilalrobot.com, Senin 23 Maret 2015.

         Robot yang dikembangkan oleh As-Siraat Enterprises (ASE) ini memang sangat unik. Selain bisa mengajarkan bacaan sejumlah ayat Alquran, “Bilal” bisa melakukan gerakan salat, mulai rukuk hingga sujud. Perusahaan asal Connecticut yang didirikan oleh Nimer Mohammed Ead ini merancang robot “Bilal” dengan basis operasi Android.
“Bilal” dikembangkan setelah ASE melihat anak-anak saat ini lebih banyak dikelilingi dan sibuk dengan teknologi canggih, yang banyak mengalihkan perhatian anak-anak kepada hiburan daripada pendidikan. “Anak-anak muslim juga terlalu sibuk bermain dan berinteraksi dengan gadget daripada mempelajari ilmu agama dari buku atau benda kuno lainnya.”
Selain itu, orangtua yang sibuk bekerja dan tak sempat mengawasi pendidikan anak semakin meningkat. Kondisi inilah yang mendorong ASE mencoba memberikan solusi dengan menciptakan robot “Bilal” yang bisa memberikan hiburan sekaligus pendidikan agama kepada anak-anak. “Menjaga anak-anak belajar dan terhibur di samping secara terus menerus memenuhi kebutuhan agama dan pendidikan mereka.”
Robot ini sebenarnya telah dikonsep sejak 2009. Namun prototipe baru digarap tahun lalu. Karena butuh dana besar, produsesn “Bilal” berusaha mengumpulkan biaya melalui lamanKickStarter.  (Ism) 

Source : http://www.dream.co.id/orbit/belajar-salat-dari-robot-bilal-150323j.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar