"DENGAN ILMU KITA BICARA, DENGAN TEKNOLOGI BANTU KITA UNGKAPKAN FAKTA"

Sabtu, 20 Juni 2015

TIM ROBOTIK ITB JUARA KONTES ROBOT INDONESIA

TIM ROBOTIK ITB JUARA KONTES ROBOT INDONESIA



Tim Robotika Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai juara pertama pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional 2015 kategori KRAI (Kontes Robot Abu Indonesia) pada 11-14 juni 2015 , di kota Yogyakarta. Dengan kemenangan ini, ITB mendapatkan piala bergilir pemerintah RI, yaitu piala Sambhawana Pratimacala.

Dengan demikian, unit Robotika ITB resmi menjadi wakil Indonesia pada kompetisi robot internasional ABU Robocon 2015. Tim robot yang akan bertanding di ABU Robocon 2015 adalah tim Dagominton yang beranggotakan Agung Nuza Dwi Putra (EL STEI 2012), Rendy Wandarosanza (EL STEI 2012), Eko Budi Satrio (MS FTMD 2012), Helwin Andrealin (MS FTMD 2012), Restu Ikhsanul Fikri (MS FTMD 2011) dan Fanny Achmad (EL STEI 2012).

ABU (Asia Pasicif Broadcasting Union) Robocon merupakan kompetisi robot internasional tahunan yang diikuti oleh mahasiswa se-Asia Pasifik.

Pada KRI Tingkat Regional tahun 2015 pada tanggal 23-25 April 2015, unit Robotik ITB mengirimkan 5 tim untuk mengikuti 5 kategori yang bertandingkan yaitu tim Dagominton pada kategori Kontes Robot Asia -pacific Broadcasting Union Indonesia (KRAI), tim Cakra Ganesha pada kategori kontes robot pemadam api indonesia (KRPAI) Beroda, tim viva la ganesha pada kategori KRPAI berkaki, tim Dago Hoogheschool pada kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), tim Dago Concordia pada kategori kontes robot seni tari indonesia (KRSI). Pada kompetisi tersebut ITB berhasil menunjukkan performa terbaikny dengan merebut 3 posisi juara, yaitu juara pertama kategori KRPAI neroda dan penghargaan robot dengan tarian terbaik kategroi KRSI.

"Keberhasilan ini merupakan otb sebagai tim satu-satunya perguruan tinggi yang dapat meloloskan seluruh tim nya ke KRI tingakt Nasional" ujar M. Aznan ketua unum unit robotika ITB, dalam jumpa persnya, Kamis (18/6/2015).

Dagominton menunjukan peroforma terbaiknya pada setiap pertandingan. Dengan tema tahun ini yabg cukup unik, yaitu robominton, tim perwakilan itb yang satu ini dapat menumbang semua lawan pada setiap pertandingan. "Ini merupakan suatu catatan baru yang terlahir setelahbsekian tahun lamanya tertidur dan akhirnya tahun ini bangkit kembali" ujar M. Aznan.


Oleh : Fauzan Abdul SK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar