"DENGAN ILMU KITA BICARA, DENGAN TEKNOLOGI BANTU KITA UNGKAPKAN FAKTA"

Kamis, 07 Mei 2015

HATI-HATI MIE AYAM TIKUS DISEKITAR KITA

Cara Mudah Bedakan Mie Ayam Asli dengan Mie Ayam Daging Tikus


Dengan sigap, Imas langsung memposting pengalaman buruknya itu melalui akun facebook miliknya. Tak lupa dia juga menyematkan gambar ekor tikus yang ditemukan dalam mie ayamnya itu.
Mie ayam dengan daging tikus via Merdeka
Berikut ini postingan pengalaman buruk Imas tersebut seperti dikutip Merdeka (5/5) : "Cuma mau kasih info aja buat teman-teman, hati-hati kalau beli mi ayam, karena ada kejadian yang aku alami kemarin, yaitu ada ekor tikus di dalem, ngeriii banget. Maaf sebelumnya kalo info ini mengganggu kalian,"
Menurut pengakuan Imas, foto dan postingan yang disebarkannya itu merupakan kejadian yang ia alami sendiri saat membeli mie ayam dari seorang penjual di kawasan Jalan Gempol, Bandung. Ayah Imas juga sempat berusaha menukar mie ayam tersebut, namun si penjual mie ayam malah sempat membalasnya dengan reaksi sinis.
Pengalaman buruk Imas tersebut tentu menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita. Karena memang mie ayam adalah salah satu makanan yang sangat mudah ditemui di banyak daerah di Indonesia.

Untuk itu, kita perlu jeli dalam memilih mie ayam yang benar-benar daging ayam. Jangan sampai terkecoh dengan membeli mie ayam daging tikus. Berikut ini cara mudah membedakan mie ayam asli dengan mie ayam daging tikus :
  1. Dari segi bentuk

    Daging tikus mudah dikenali karena bentuk asli dagingnya yang tak hilang biarpun sudah dicincang berkali-kali hingga lumer. Seringkali ditemukan bagian tubuh tikus yang terlupakan, yaitu bagian ekor.
  2. Dari pori-pori dagingnya

    Bulu ayam yang cukup besar membuat pori-pori pada kulit ayam pun tampak besar. Sedangkan pada tikus, pori-pori dagingnya kecil dan hampir halus.
  3. Bentuk tulang

    Sudah dipastikan kalau bentuk tulang ayam lebih besar dari pada tulang tikus. Kita harus jeli dengan hal ini.
  4. Perhatikan seratnya

    Robek sedikit dagingnya dengan garpu, lalu perhatikan bagian serat daging tersebut. Jika terlihat halus, maka patut diwaspadai daging tersebut adalah daging tikus. Karena daging ayam memiliki serat yang kasar dan besar.
  5. Kandungan minyak dalam daging

    Daging ayam memiliki kandungan minyak yang sangat minim, sehingga dagingnya terlihat kering. Namun daging tikus kandungan minyaknya lebih banyak, sehingga lebih basah dan berlemak. Cara ini mungkin sulit diterapkan pada mie ayam, karena mie ayam juga dibuat dengan minyak. Namun bukan berarti tidak bisa dengan cara ini, lebih baik coba saja dulu.
 Demikianlah cara mudah membedakan mie ayam daging ayam asli dengan mie ayam daging tikus. Jangan sampai kita terkecoh dengan daging tikus yak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar