"DENGAN ILMU KITA BICARA, DENGAN TEKNOLOGI BANTU KITA UNGKAPKAN FAKTA"

Minggu, 03 Mei 2015

Gen dalam tubuh manusia dapat di ON/OFF kan

Gen dalam tubuh manusia dapat di ON/OFF kan

     Menurut seorang ahli genetika yaitu Prof. Kazuo Murakami didalam bukunya yang berjudul “Misteri DNA” beliau mengungkapkan bahwa ternyata gen yang ada didalam tubuh manusia dapat di aktifkan dan dinonaktifkan.
        Menurutnya untuk mengatur tombol ON/OFF pada gen, factor lingkungan dan kondisi pikiran sangatlah penting. Adapun 3 faktor yang mampu membuat gen ON/OFF yaitu :

1.       Faktor Fisik ( Panas, tekanan, ketegangan, latihan dll)
2.       Faktor makanan dan kimiawi ( alcohol, rokok, hormone lingkungan dll)
3.   Faktor psikis ( kejutan, kegemparan, rasa tertekan. cinta kasih, kegembiraan, kebencian, iman, keyakinan dll )

      Penjelasan pertama yaitu factor fisik. Menurutnya factor fisik juga merupakan factor lingkunan. Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa salah satu factor fisik, yaitu temperature tinggi, akan mengaktifkan gen, alau kejutan panas membuat lahirnya protein baru dan hal ini terjadi pada mikroorganisme sampai manusia.

        Hal ini dapat dijadikan contoh misalnya seseorang yang bergantung  pada suhu udara, di Jepang ujian massuk sekolah dilakukan pada saat musim dingin. Murid yang tahan dingin dapat menunjukkan kemampuannya saat ujian, lalu murid yang lain dimana ia tidak tahan dingin berada dalam kondisi tidak menguntungkan. Kondisi ini pun mungkin berhubungan dengan ON / OFF-nya gen.

       Selanjutnya tekanan merupakan salah satu pemicu untuk mengkatifkan gen. sebagai contoh seorang atlet mengaktifkan gennya dengan berlatih sehingga mampu mebuat protein otot. Secara otomatis gen malas OFF, kemampuan meningkat dan secara psikis pun menjadi lebih kuat.

       Kemudian yang kedua yaitu factor makanan dan kimiawi, dimana factor ini merujuk pada apa yang masuk kedalam tubuh kita secara langsung maupun tidak langsung yang dapat memengaruhi gen. Vitamin dalam tubuh berperan sebagai minhyak pelumas. Telah dibuktikan bahwa vitamin seperti vitamin A, D, E dll berhubungan ssecara langsung dengan keadaan ON pada gen. Disamping itu kita mengetahui bahwa zat pemicu kanker berkaitan langsung atau tidak langsung dengan ON/OFF nya gen kanker dan gen penekan kanker.

         Selanjutnya hormone lingkungan adalah hormon tiruan yang dibuat diluar tubuh, yaitu zat yang jika masuk ke dalam tubuh akan mengacaukan kinerja hormon. Bisa dikatakan bahan kimia yang mengacaukan endokrin. Sebagai contoh EDC ( Endocrine disrupting chemicals ). EDC ini mengubah sifat maskulin menjadi feminim.

        Terakhir adalah factor psikis, seperti stres selama ini mungkin stres dianggap sebagai hal yang negative. Ada kalnya perasaan sedih yang mendalam mengaktifkan gen baik yang tertidur. Emosi yang tinggi sering berkaitan dengan amarah dan telah dibuktikan bahwa saat itu hormone merugikan muncul dalam tubuh. Cinta kasih dan kegembiraan, iman dan keyakinan pun turut memberi pengaruh positif. Itulah sebabnya orang yang kaya akan cinta kasih dan orang yang selalu hidup ceria dan gembira lebih mampu berbahagia daripada orang yang tidak.


Untuk menyadarkan gen baik secara maksimal, kita perlu mengahadapi segala hal dengan positif. Bisa dikatakan ini merupakan poin penting. Stres secara umum dianggap negatif, tetapi orang uang berfikir positif mampu memanfaatkan stress secara efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar