"DENGAN ILMU KITA BICARA, DENGAN TEKNOLOGI BANTU KITA UNGKAPKAN FAKTA"

Kamis, 09 April 2015

WANITA CANTIK YANG MENJADI GURU CODING

DARI HACKER, WANITA CANTIK INI RELA
MENJADI GURU CODING



Kalau ngomongin hacker dan programer wanita, apa sih yang kebayang di pikiranmu? Cewek kutu buku dengan kacamata besar dan penampilan yang cuek? Tapi cewek bernama Michelle Sun ini lumayan cantik lho! Dia pun sudah berhenti dari kegiatan hacker dan menjadi guru di sebuah sekolah coding bernama First Code Academy.

Michelle bahkan rela mengakhiri pekerjaan idamannya sebagai hacker di Buffer, perusahaan yang bergerak di media sosial, untuk mendirikan sebuah start-up berbasis sekolah coding tersebut. Di awal kariernya, Michelle adalah seorang bankir di perusahaan Goldman Sach. Kemudian doi menemukan hasratnya di dunia teknologi, terutama coding.

Setelah belajar coding dan pemrograman, Michelle bekerja sebagai hacker di start-up besar Amerika, seperti Bump dan Buffer. Di luar pekerjaan tersebut, Michelle mengisi akhir pekannya sebagai guru pemrograman di Stanford University, Amerika.

Rupanya Michelle menyukai kegiatan tersebut, ia pun mendapatkan ide menciptakan start-up edukasi bagi pelajar yang menyukai pemrograman yang kemampuannya nggak bisa berkembang di sekolah biasa. Akhirnya di tahun 2013, Michelle kembali ke Hongkong dan mendirikan First Code Academy, serta berhasil menarik guru-guru dari universitas ternama dunia, misalnya Cambridge, Stanford, dan Cornell. Start-up 'sekolah' Michelle pun berkembang pesat. Kini, First Code Academy memiliki setidaknya 1.500 murid di Hongkong dan sedang bersiap membuka cabang di Singapura.

Namun, menurut Michelle, pencapaian utama mereka adalah perkembangan setiap siswa di dunia pemrograman. Salah satu contohnya adalah siswa bernama Euan. Remaja itu lahir di keluarga olahragawan, namun Euan mempunyai minat di dunia pemrograman. Setelah belajar di First Code Academy, Euan berhasil menjadi salah satu programer muda paling diakui di dunia dan tampil di acara TEDxYouth. Keren 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar